MAKALAH SISTEM EKONOMI PASAR
Assalammu’alaikum Gengs,.
Saya pengen shareing MAKALAH SISTEM EKONOMI PASAR buat temen-temen, ini tugas dari Bu Ari Ekonomi 1 minggu yang lalu. :v
Terlebih untuk sahabat-sahabat Se-SMANSAKAR, semoga dapat membantu.
Semoga Bermanfaat
MAKALAH
SISTEM EKONOMI PASAR
Disusun Oleh :
FITRIANA LAILA DESI (11/X
SCIENCE 3)
HELMY DANIEL A. (13/X
SCIENCE 3)
M. HANAFI AFNAN (21/X
SCIENCE 3)
NARATIH TUTUT PRIHATINI (25/X
SCIENCE 3)
NINDITA MEGA ROYANI (26/X SCIENCE
3)
OLIVIA AYU L. (28/X
SCIENCE 3)
ZALZABILA ADELYA PUTRI (34/X
SCIENCE 3)
SMA N 1 KARANGANOM
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BAB I
PENDAHULUAN
Sistem ekonomi pasar atau liberal adalah sebuah sistem
dimana adanya kebebasan baik untuk produsen maupun konsumen untuk berusaha yang
didalamnya tidak ada campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi mekanisme
pasar, jadi semua mekanisme pengaturan harga diserahkan ke pasar (tergantung
mekanisme supply dan demand). Umumnya sistem ekonomi liberal di anut olehnegara-negara
yang berada di kawasan barat (Amerika dan Eropa) seperti yang paling terkenal
adalah negara adi daya Amerika Serikat yang belakangan terkena krisis keuangan.
Ekonomi pasar (liberal) adalah teori ekonomi yang diuraikan oleh tokoh-tokoh
penemu liberal klasik sepertiAdam Smith atau French Physiocrats Sistem ekonomi
liberal tersebut mempunyai kaitannya dengan "kebebasan alami" yang
dipahami oleh tokoh-tokoh ekonomi liberal klasik tersebut. Meskipun demikian,
Smith tidak pernah menggunakan paham tersebut. Konsep dari ekonomi liberal
ialah bergerak kearah suatu sistem ekonomi pasar bebas dan sistem berpaham
perdagangan bebas.
RUMUSAN MASALAH
1.
Siswa mengetahui pengertian Sistem
Ekonomi Pasar
2.
Siswa dapat mengetahui bagaimana
Sejarah Ilmu Ekonomi Pasar
3.
Siswa dapat mengerti ciri ciri
Ekonomi Pasar
4.
Siswa dapat mengetahui bagaimana
kelebihan dan keuntungan Sistem Ekonomi Pasar
5.
Siswa dapat mengetahui contoh Negara
yang Sistem Ekonominya seperti Sistem Ekonomi Pasar di Indonesia.
1.
PENGERTIAN
SISTEM EKONOMI PASAR
Sistem
ekonomi pasar adalah sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi yang ada
(produksi, distribusi dan konsumsi) diserahkan seluruhnya kepada mekanisme
pasar. Dalam sistem ekonomi pasar, setiap individu memiliki kebebasan
beraktivitas dalam kegiatan ekonomi. Pemerintah memberikan kebebasan kepada
setiap orang (pihak swasta) untuk menyelenggarakan produksi, distribusi, dan
konsumsi sesuai dengan pertimbangan dan kemampuannya.
2.
SEJARAH
SISTEM EKONOMI PASAR
Ada
banyak informasi berbeda tentang awal mula lahirnya Sistem Ekonomi liberal,
tetapi kebanyakan sejarawan biasanya akan merujuk pada peristiwa revolusi di
Eropa bagian barat selama Abad pertengahan. Pada abad ke 18, eropa dikuasai
oleh tiga golongan besar, yaitu Golongan Raja dan bangsawan, Pihak Gereja, dan
rakyat biasa (kaum feodal). Nah diantara ketiga golongan ini, pihak gereja
memiliki kekuasaan tertinggi, mereka mempunyai hak khusus untuk mengatur
kehidupan ekonomi dan politik yang berjalan, bahkan medapat membatasi kebebasan
setiap individu dalam segala aspek kehidupan. Golongan Raja dan Bangsawan juga
merupakan golongan yang mempunyai hak istimewa, sedangkan golongan rakyat biasa
dianggap golongan tanpa hak. Hal ini membuat rakyat mendapatkan perlakuan kejam
tidak berprikemanusiaan. Oleh karena itu mulai terjadi perlawanan dari pihak
rakyat. Perlawanan ini kemudian memancing terjadinya Revolusi sehingga terjadi
banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan. Ideologi besar baru muncul di
berbagai bidang, Sistem Ekonomi Liberal di bidang Ekonomi yaitu Liberalisme di
bidang politik, Hedonisme di bidang sosial-budaya, dan Free-Value di bidang
Sains. Tokoh utama yang mempelopori sistem ekonomi liberal adalah Adam Smith,
ia menyatakan pemerintah seharusnya tidak banyak ikut campur dalam sistem
ekonomi, karena kebebasan merupakan hak alami setiap orang.
3.
CIRI CIRI SISTEM EKONOMI PASAR
Sistem ekonomi pasar/liberal memiliki karekteristik atau
ciri-ciri yang digunakan dalam membedakan jenis-jenis sistem ekonomi lainnya.
Ciri-ciri sistem ekonomi pasar/liberal antara lain sebagai berikut..
- Harga barang ditentukan terhadap mekanisme pasar
- Pemerintah tidak memiliki campur tangan dalam sistem perekonomian
- Aktivitas ekonomi ditujukan untuk mendapatkan laba
- Persaingan dilakukan secara bebas
- Bebas dalam memiliki barang, termasuk dengan barang modal
- Modal merupakan peran yang sangat vital
- Kebebasan dalam penggunaan barang dan jasa yang dimilikinya
- Aktivitas ekonomi dilakukan oleh masyarakat dan badan-badan swasta
4.
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI PASAR
Sistem
ekonomi pasar/liberal memiliki kelebihan, keuntungan, kebaikan dalam
menggunakannya. Kelebihan sistem ekonomi pasar antara lain sebagai berikut...
- Menumbuhkan inisiatif dan kreasi pada masyarakat dalam mengatur kegiatan perekonomian
- Memunculkan dan meningkatkan persaingan untuk maju
- Semua pihak memiliki hak dalam memiliki sumber-sumber produksi baik barang dan jasa
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas tinggi yang didasarkan motif mencari laba
- Munculnya barang-barang yang berkualitas tinggi agar dapat laku di pasaran
- Hak dalam memilih sektor usaha disesuaikan dengan kemampuan
- Produksi didasarkan kebutuhan masyarakat
5.
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI PASAR
Sistem ekonomi pasar/liberal memiliki kekurangan, kerugian,
keburukan dalam menggunakan sistem tersebut. Kekurangan sistem ekonomi pasar
antara lain sebagai berikut...
- Banyak terjadi monopoli masyarakat
- Menyamakan pendapatan tidak mudah dilakukan akibat dari persaingan bebas
- Masyarakat kaya akan semakin kaya sedangkan bagi masyarakat miskin tetap miskin
- Timbulnya persaingan tidak sehat
- Rentan terjadi krisis ekonomi
- Eksploitasi SDA yang berlebihan
6.
CONTOH
NEGARA YANG SISTEM EKONOMINYA MENDEKATI SISTEM EKONOMI PASAR
Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa
lainnya seperti Perancis, Kanada, Albania, Armenia, Austria, Belgia, Bulgaria,
Kroasia, Cyprus, Republik Cekoslovakia, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis,
Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg,
Macedonia, Moldova, Netherlands, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Rusia,
Serbia Montenegro, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Switzerland, Ukraina
dan United Kingdom. Negara penganut paham liberal lainnya adalah Andorra,
Belarusia, Bosnia-Herzegovina, Kepulauan Faroe, Georgia, Irlandia dan San
Marino. Juga beberapa negara di kawasan Asia seperti Hongkong , Myanmar, Kamboja,
Hong Kong, Malaysia dan Singapura , India, Iran, Israel, Jepang, Korea Selatan,
Filipina, Taiwan, Thailand dan Turki. Sistem ekonomi liberal terbilang masih
baru di Afrika. Pada dasarnya, liberalisme hanya dianut oleh mereka yang
tinggal di Mesir, Senegal dan Afrika Selatan. Sekarang ini, kurang lebih
liberalisme sudah dipahami oleh negara Aljazair, Angola, Benin, Burkina Faso,
Mantol Verde, CĂ´te D'Ivoire, Equatorial Guinea, Gambia, Ghana, Kenya, Malawi,
Maroko, Mozambik, Seychelles, Tanzania, Tunisia, Zambia dan Zimbabwe.
A.
PENGERTIAN
PASAR
Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya, pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis. Adanya sistem jaringan komunikasi modern dapat meniadakan hambatan atau batasan-batasan geografis, sehingga dapat memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain.
Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik beratkan ke
arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi,
pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta penawaran pada jenis
barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan permintaan serta
penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Pengertian pasar
lebih merujuk kepada semua aktivitas penawaran dan permintaan termasuk
didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang. Pada prinsipnya,
aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan
dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual. Penjual mempunyai
kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang seharusnya untuk
diproduksi serta yang akan di distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau
konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang
sesuai dengan tingkat daya belinya.
Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar sangat lah penting bagi kehidupan. Hal ini karena apabila terdapat kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan sendiri, dapat memperoleh kebutuhan tersebut di pasar. Para konsumen atau pembeli datang ke pasar untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang guna membayar harganya.
B.
PENGERTIAN
PASAR MENURUT PARA AHLI
- William J.Stanton
William J.Stanton berpendapat bahwa pengertian pasar adalah
sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk
berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.
- Wikipedia
Pasar merupakan institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur,
serta infrastruktur di mana terdapat usaha untuk menjual barang, tenaga kerja
serta jasa untuk sekumpulan orang dengan imbalan uang.
- Kotler dan Amstrong
Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa pengertian pasar merupakan
seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa.
Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan
tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang
memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual
tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna
menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan
mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.
- KBBI
Menurut KBBI, pengertian pasar merupakan tempat sekumpulan orang
melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang
diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud
untuk dapat mencari derma.
- Handri Ma’aruf
Kata “pasar” mempunyai 3 pengertian, antara lain :
1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk
bertemunya para penjual dengan pembeli.
2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan” , merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.
3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli “, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.
2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan” , merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.
3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli “, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.
C. CIRI CIRI PASAR
- Terdapat calon pembeli dan penjual.
- Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.
- Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
- Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.
D. KLASIFIKASI PASAR
- Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah suatu pasar dimana tempat tersebut merupakan bertemunya para penjual dan pembeli serta terdapat transaksi jual beli secara langsung serta pada umumnya terjadi proses tawar-menawar. Bangunan dari pasar tradisional biasanya berupa los, kios-kios atau gerai, serta dasaran terbuka yang dibuka oleh para penjual ataupun dari pengelola pasar. Kebanyakan pasar tradisional menjual berbagai macam barang kebutuhan yang diperlukan sehari-hari, jasa, dan lain sebagainya. Pasar tradisional masih banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Beberapa pasar tradisional yang terkenal adalah pasar Klewer di Solo, pasar Beringharjo di Yogyakarta, dan daerah-daerah yang lainnya. Pasar tradisional tersebut masih terus mencoba untuk bertahan menghadapi serangan dari adanya pasar modern.
- Pasar Modern
Pada dasarnya, pasar modern tidak
jauh berbeda dari pasar tradisional, namun pasar modern terdapat penjual dan
pembeli yang tidak bertransaksi secara langsung melainkan konsumen atau pembeli
melihat label harga yang terdapat dalam barang tersebut, berada dalam bangunan
serta pelayanannya dilakukan secara mandiri atau swalayan dan dapat juga
dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual tersebut, selain dari bahan
makanan, terdapat juga barang lainnya yang dijual dan biasanya dapat bertahan
lama. Contoh : minimarket, pasar swalayan (supermarket), dan lain sebagainya.
E.
JENIS- JENIS
PASAR
Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya
Jenis pasar ini dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata atau pasar tidak nyata. Berikut penjelasannya :
Jenis pasar ini dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata atau pasar tidak nyata. Berikut penjelasannya :
- Pasar Nyata
Pasar nyata merupakan sebuah pasar
dimana terdapat berbagai jenis barang yang diperjualbelikan serta dapat dibeli
oleh pembeli. Contoh dari pasar nyata ialah pasar swalayan dan pasar
tradisional.
- Pasar Abstrak
Pasar abstrak merupakan sebuah
pasar dimana terdapat para pedagang yang tidak menawar berbagai jenis barang
yang dijual serta tidak membeli secara langsung, namun hanya menggunakan surat
dagangan saja. Contoh dari pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal,
pasar valuta asing, dan pasar saham.
Jenis-Jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya
Jenis pasar ini dibedakan menjadi pasar tradisional serta pasar modern.
- Pasar Tradisional
Pasar tradisional ialah pasar yang
sifatnya tradisional dimana para pembeli dan penjual dapat saling tawar menawar
secara langsung. Berbagai jenis barang yang diperjualbelikan merupakan barang
yang berupa barang kebutuhan pokok sehari-hari.
- Pasar Modern
Pasar modern merupakan suatu pasar
yang sifatnya modern dimana terdapat berbagai macam barang diperjualbelikan
dengan harga yang sudah pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya
dari pasar modern adalah di plaza, mal, dan tempat-tempat yang lainnya.
Jenis-Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Terdapat beberapa pasar hanya menjual 1 jenis barang tertentu, misalnya seperti pasar sayur, pasar hewan, pasar ikan pasar buah, pasar daging, dan lain sebagainya.
- Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi merupakan
suatu pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang dapat dikonsumsi
guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.
- Pasar Sumber Daya Produksi
Pasar sumber daya produksi
merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan tentang faktor-faktor produksi,
contohnya : tenaga kerja, mesin-mesin, tanah, dan tenaga ahli.
Jenis-Jenis Pasar Menurut Waktunya
Jenis pasar menurut waktunya dapat digolongkan ke dalam beberapa bentuk, antara lain :
- Pasar Harian
Pasar harian ialah tempat pasar di
mana merupakan pertemuan antara pembeli serta penjual yang dapat dilakukan
setiap harinya. Pasar harian pada umumnya menjual berbagai jenis barang
kebutuhan konsumsi, kebutuhan jasa, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan
produksi.
- Pasar Mingguan
Pasar mingguan ialah pasar yang
dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan terdapat di daerah yang penduduknya masih, seperti di pedesaan.
- Pasar Bulanan
Pasar bulanan ialah pasar yang
dilakukan sebulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya
terdapat para pembeli di pasar tersebut yang membeli barang-barang tertentu dan
kemudian dijual kembali, contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.
- Pasar Tahunan
Pasar tahunan ialah pasar yang
diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan pada umumnya bersifat
nasional serta diperuntukkan untuk promosi terhadap suatu produk baru. Contoh
pasar tahunan : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain sebagainya.
- Pasar Temporer
Pasar temporer ialah pasar yang
diselenggarakan pada waktu tertentu serta pasar temporer dapat terjadi secara
tidak rutin. Pada umumnya, pasar temporer dibuka guna merayakan peristiwa
tertentu. Contoh dari pasar temporer adalah Bazar.
Jenis-Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
Terdapat jenis pasar ini dapat dibedakan menjadi :
- Pasar Daerah
Pasar daerah ialah suatu pasar yang
membeli dan menjual produk di dalam 1 daerah produk tersebut dihasilkan. Dapat
juga dikatakan bahwa pasar daerah melayani permintaan serta penawaran hanya
dalam 1 daerah.
- Pasar Lokal
Pasar lokal merupakan suatu pasar
yang membeli dan menjual produk di dalam 1 kota tempat produk tersebut
dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan serta
penawaran hanya dalam 1 kota.
- Pasar Nasional
Pasar nasional merupakan suatu
pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 negara tempat produk tersebut
dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan serta
penjualan dari dalam negerii.
- Pasar Internasional
Pasar internasional merupakan suatu
pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Dapat juga dikatakan luas jangkauan dari pasar
tersebut adalah di seluruh dunia.
Contoh : Pasar kopi di Santos,
Brazil.
Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk serta Strukturnya
Jenis pasar ini dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, pasar oligopoli, serta pasar monopoli.
- Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna
dapat disebut juga pasar persaingan murni yaitu merupakan pasar di mana
terdapat banyak pembeli dan penjual serta mereka sudah mengetahui keadaan
pasar.
Pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
1) Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis).
2) Pembeli ataupun penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai pasar.
3) Terdapat banyak pembeli dan penjual.
4) Harga yang sudah ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi dapat bebas keluar masuk pasar.
6) Tidak terdapat campur tangan dari pemerintah.
Kelebihan pasar persaingan sempurna :
1) Pembeli dapat dengan bebas memilih produk.
2) Tidak terdapat hambatan dalam mobilitas berbagai macam sumber ekonomi dari suatu usaha ke usaha lainnya.
3) Dapat memaksimalkan efesiensi.
4) Kebebasan memilih dan bertindak.
Pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
1) Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis).
2) Pembeli ataupun penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai pasar.
3) Terdapat banyak pembeli dan penjual.
4) Harga yang sudah ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi dapat bebas keluar masuk pasar.
6) Tidak terdapat campur tangan dari pemerintah.
Kelebihan pasar persaingan sempurna :
1) Pembeli dapat dengan bebas memilih produk.
2) Tidak terdapat hambatan dalam mobilitas berbagai macam sumber ekonomi dari suatu usaha ke usaha lainnya.
3) Dapat memaksimalkan efesiensi.
4) Kebebasan memilih dan bertindak.
Kelemahan pasar persaingan sempurna :
1) Tidak mendorong inovasi.
2) Membatasi pilihan konsumen atau pembeli dalam satu barang tertentu.
3) Persaingan sempurna yang memberikan ongkos sosial.
4) Distribusi pendapatan yang tidak merata.
Contoh dari pasar persaingan sempurna adalah pasar berbagai jenis hasil pertanian.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar jenis ini merupakan kebalikan
dari pasar persaingan sempurna. Untuk pasar persaingan tidak sempurna merupakan
pasar yang terdiri dari sedikit penjual serta banyak pembeli. Pada pasar ini
para penjual dapat untuk menentukan harga barang. Barang-barang yang
diperjualbelikan tersebut memiliki jenis yang berbeda beda atau terdapat
berbagai jenis barang. Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna mempunyai
bentuk-bentuk pasar, antara lain :
- Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang terjadi ketika
seluruh penawaran terhadap sebuah barang pada pasar yang telah dikuasai oleh
salah seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
Berikut ciri-ciri pasar monopoli :
1) Hanya terdapat 1 penjual sebagai pengambil keputusan harga (guna melakukan monopoli pasar).
2) Penjual lain tidak dapat menyaingi dagangannya.
3) Pedagang lain tidak dapat masuk, hal ini karena adanya hambatan dengan undang-undang atau karena terdapat teknik yang canggih.
4) Jenis barang yang diperjualbelikan tersebut hanya semacam.
5) Tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam masalah penentuan harga.
Kelebihan pasar monopoli :
1) Keuntungan penjual yang relatif tinggi.
2) Bagi produk yang menguasai hajat hidup orang pada umumnya diatur oleh pemerintah.
Kelemahan pasar monopoli :
1) Pembeli atau konsumen tidak terdapat pilihan lain untuk membeli tersebut.
2) Keuntungan hanya terpusat ke 1 perusahaan.
3) Terjadinya eksploitasi pembeli.
Contoh pasar monopoli : PT Pertamina (persero), dan lain sebagainya.
Berikut ciri-ciri pasar monopoli :
1) Hanya terdapat 1 penjual sebagai pengambil keputusan harga (guna melakukan monopoli pasar).
2) Penjual lain tidak dapat menyaingi dagangannya.
3) Pedagang lain tidak dapat masuk, hal ini karena adanya hambatan dengan undang-undang atau karena terdapat teknik yang canggih.
4) Jenis barang yang diperjualbelikan tersebut hanya semacam.
5) Tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam masalah penentuan harga.
Kelebihan pasar monopoli :
1) Keuntungan penjual yang relatif tinggi.
2) Bagi produk yang menguasai hajat hidup orang pada umumnya diatur oleh pemerintah.
Kelemahan pasar monopoli :
1) Pembeli atau konsumen tidak terdapat pilihan lain untuk membeli tersebut.
2) Keuntungan hanya terpusat ke 1 perusahaan.
3) Terjadinya eksploitasi pembeli.
Contoh pasar monopoli : PT Pertamina (persero), dan lain sebagainya.
- Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar jenis ini merupakan suatu dengan banyak penjual yang
menjual barang yang berbeda corak. Pasar jenis ini banyak dijumpai di sektor
perdagangan eceran dan jasa. Misalnya jasa salon, toko kelontong, angkutan, dan
toko obat.
Pada pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri, antara lain :
1) Terdapat banyak penjual dan banyak pembeli.
2) Barang yang dihasilkan yaitu sejenis, namun coraknya berbeda. Seperti : sabun, minyak goreng, pasta gigi, dan lain sebagainya.
3) Terdapat banyak penjual yang memiliki besarnya sama, sehingga tidak terdapat satu penjual yang dapat menguasai pasar.
4) Penjual dapat dengan mudah menawarkan barangnya di pasar.
5) Penjual memiliki sedikit kekuasaan dalam memengaruhi dan menentukan harga pasar.
6) Adanya peluang guna bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual di pasar.
Kelebihan pasar persaingan monopolistik :
1) Penjual tidak sebanyak seperti pasar persaingan sempurna.
2) Produsen akan terpacu untuk berkreativitas.
3) Pembeli atau konsumen tidak mudah untuk berpindah dari produk satu ke produk yang lainnya.
Kelemahan pasar persaingan monopolistik :
1) Biaya yang mahal untuk ke pasar monopolistik, hal ini karena untuk masuk ke pangsa pasar tertentu dibutuhkan adanya riset dan pengembangan produk.
2) Persaingan yang sangat berat, hal ini karena pasar tersebut pada umumnya didominasi oleh berbagai jenis produk ternama.
- Pasar Oligopoli
Pasar jenis ini merupakan pasar yang terdiri dari beberapa
penjual yang menjual suatu barang tertentu, sehingga penjual yang satu dengan
yang lainnya dapat memengaruhi harga. Seperti : perusahaan rokok, perusahaan
menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan semen, dan industri telekomunikasi.
Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Hanya terdapat sedikit penjual saja, sehingga keputusan dari salah satu penjual di pasar tersebut dapat memengaruhi penjual lainnya.
2) Produk-produknya yang berstandar.
3) Kemungkinan terdapat penjual lain untuk masuk ke pasar masih terbuka.
4) Adanya peran iklan yang sangat besar dalam penjualan produk tersebut.
Kelebihan pasar oligopoli :
1) Barang yang dihasilkan memiliki beragam corak.
2) Efesiensi di dalam menggunakan sumber daya.
3) Pengembangan teknologi serta inovasi.
Kelemahan pasar oligopoli :
1) Adanya persaingan harga yang ketat.
2) Banyaknya rintangan yang kuat guna masuk ke pasar oligopoli.
Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Hanya terdapat sedikit penjual saja, sehingga keputusan dari salah satu penjual di pasar tersebut dapat memengaruhi penjual lainnya.
2) Produk-produknya yang berstandar.
3) Kemungkinan terdapat penjual lain untuk masuk ke pasar masih terbuka.
4) Adanya peran iklan yang sangat besar dalam penjualan produk tersebut.
Kelebihan pasar oligopoli :
1) Barang yang dihasilkan memiliki beragam corak.
2) Efesiensi di dalam menggunakan sumber daya.
3) Pengembangan teknologi serta inovasi.
Kelemahan pasar oligopoli :
1) Adanya persaingan harga yang ketat.
2) Banyaknya rintangan yang kuat guna masuk ke pasar oligopoli.
F.
FUNGSI PASAR
Fungsi pasar mempunyai beberapa fungsi yang penting dalam
membantu dalam banyak hal, berikut fungsi pasar :
- Fungsi Penetapan Harga / Nilai
Karena terdapat interaksi antara
penjual dan pembeli, maka terdapat juga permintaan serta penawaran dari kedua
pihak tersebut. Sehingga terdapat kesepakatan harga kesetimbangan yang dapat
dicapai dari interaksi kedua pihak tersebut. Fungsi pasar sebagai tempat
penetapan harga dari barang atau jasa yang diperjualbelikan karena terjadinya
interaksi serta adanya kesepakatan dari pembeli dan penjual.
- Fungsi Promosi
Fungsi pasar merupakan tempat
berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang sempurna bagi
produsen guna memperkenalkan produk mereka. Pada umumnya saat proses promosi
dari produsen tersebut berlangsung, mereka akan menawarkan dengan penawaran
yang menarik, seperti harga produk tersebut yang lebih murah dibandingkan
produk dari produsen yang lainnya. Oleh karena itu, fungsi pasar salah satunya
untuk promosi suatu produk atau barang.
- Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
Selain terdapat para pedagang dan
pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang dapat terlibat dalam
kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dan
lain sebagainya. Oleh karena itu, fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga
kerja.
- Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang
Pasar memiliki peran sebagai
fasilitator guna mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berfungsi
untuk menyediakan barang serta jasa dibutuhkan pada masa yang akan datang.
Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang
berfungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan ialah pasar modal.
Investor akan mencari pihak-pihak yang mempunyai tabungan untuk keperluan
investasinya, serta penabung untuk mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua
belah pihak tersebut dapat bertemu di pasar modal.
5. Fungsi
Distribusi Produk
Salah satu fungsi pasar adalah
fungsi distribusi produk yang merupakan suatu aktivitas menyalurkan barang atau
jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen. Fungsi pasar sebagai
tempat distribusi produk, hal ini karena banyak terdapat konsumen, sedangkan
penjual sebagai distributor, artinya barang yang dijual tersebut tidak
diproduksi sendiri. Misalnya terdapat penjual yang membeli telur ayam dari
orang lain yang berternak ayam, kemudian telur tersebut dibawa ke pasar dan
dibeli oleh konsumen. Penjual tersebut berperan sebagai distributor, orang yang
berternak ayam berperan sebagai produsen, serta pembeli sebagai konsumen. Namun
adapula penjual yang berperan sebagai produsen sekaligus sebagai distributor.
DAFTAR PUSTAKA
Thanks Gengs
BalasHapus